Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran

CPL Aspek Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

CPL Aspek Pengetahuan

  1. Pengetahuan dasar tentang berbagai bidang desain media yang mencangkup gambar bentuk, tipografi, fotografi, komputer grafis, studi kreatifitas dan metodologi desain, animasi, teknologi grafika, metodologi riset desain, desain komunikasi konseptual, aplikasi desain, marketing desain, desain antarmuka, pemasaran, wawasan dan aplikasi teknologi
  2. Pengetahuan bidang desain media yang mencakup: prinsip desain, gambar bentuk, gambar konstuktif, tipografi, ilustrasi, fotografi, desainer periklanan, desain majalah, desain kemasan, pertelevisian, production house, komikus, digital storytelling, digital illustrator, animator, game designer, web designer, videographer, penulisan naskah iklan, narasi visual, proses kreatif, desain pameran, metode produksi grafika
  3. Pengetahuan pendukung keilmuan desain media yang mencakup: teori komunikasi, komunikasi budaya, psikologi persepsi, psikologi sosial, manajemen, sosiologi komunikasi, bahasa rupa, budaya visual, teori media, analisis visual, retorika visual, semiotika visual, generating idea, komunikasi, kreativitas, komunikasi periklanan, kreatif periklanan, manajemen desain, desain marchandise, animasi, fotografis, dan komputer grafis
  4. Menguasai konsep teoritik ilmu manajemen desain yang merupakan pembekalan kemampuan di bidang manajemen, ekonomi kreatif, dan penyelesaian masalah di masyarakat

CPL Aspek Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan, dan mencegah plagiasi.

CPL Aspek Keterampilan Khusus

  1. Memiliki keterampilan membuat sketsa manual dan digital, kepekaan pada unsur gambar (garis, bidang, warna, dst.), kepekaan estetika desain dan membuat animasi periklanan dalam bentuk ilustrasi dan kartun
  2. Keterampilan menghubungkan dan mengaplikasikan pengetahuan dasar pengetahuan pendukung dan pengetahuan teori bidang desain media dengan aplikasinya dalam pemilihan, pembuatan dan evaluasi karya desain media
  3. Keterampilan menghubungkan dan mengaplikasikan pengetahuan dasar pengetahuan pendukung dan pengetahuan teori bidang desain media dengan aplikasinya dalam pemilihan, pembuatan dan evaluasi karya desain media
  4. Kemampuan dalam mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali semua data mengenai kemajuan kerja yang lengkap untuk menjamin keaslian dan mencegah plagiasi
  5. Memiliki keterampilan menggambar, membuat ilustrasi, membuat tipografi, fotografi, animasi, videografi, metode produksi grafika dan lain-lain
  6. Mampu merancang dengan dukungan keterampilan menggambar, membuat ilustrasi, tipografi, fotografi, animasi, videografi, metode produksi grafika dan lain-lain secara manual maupun dukungan teknologi analog maupun digital

Berdasarkan Lampiran Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi